Sejarah MotoGP Kancah Balapan Paling Mengesankan di Dunia

Sejarah MotoGP Kancah Balapan Paling Mengesankan di Dunia

Seat Fans Club Forum – Penyuka MotoGP di Indonesia memang bisa dikatakan cukup banyak. Walaupun olahraga ini tak sepopuler sepak bola, namun nama Valentino Rossi yang notabene adalah legenda MotoGP sangatlah populer dan diketahui oleh banyak kalangan.

Sayangnya, meskipun penggemar olahraga ekstrem ini lumayan banyak, namun tak banyak orang Indonesia yang tahu atau mengerti sejarah dan permulaan mula MotoGP diadakan. Hal ini cukup memprihatinkan, mengingat MotoGP telah diketahui di Indonesia cukup lama.

Bagaimanakah Sejarah MotoGP?

Kejuaraan dunia MotoGP hakekatnya mempunyai nama sah berupa FIM MotoGP World Championship. Ajang balap motor besar ini yaitu kelas tertinggi dari seri balapan Grand Prix sepeda motor.

Menurut catatan sejarah, negara yang pertama kali menggelar yakni Isle of Man pada tahun 1949. Bagi yang tidak tahu, Isle of Man atau Pulau Mann yakni sebuah pulau yang berada di kawasan kekuasaan kerajaan Inggris Raya.

Lokasinya ada di Laut Irlandia dan dapat dikatakan sebagai lokasi yang cukup terpencil padahal penduduknya banyak. Pulau ini mempunyai luas sekitar 572 km persegi dengan jumlah penduduk menempuh 76. 315 jiwa untuk ketika ini.

Padahal Isle Of Man TT yakni cikal bakal kejuaran dunia MotoGP, tapi asal mula negara asal yang mengejarnya pertama kali yakni negara-negara Eropa. Ada banyak negara yang turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan MotoGP pertama kali.

Perlu Anda kenal sekiranya jauh sebelum MotoGP pertama diselenggarakan, istilah Grand Prix telah diaplikasikan pada acara balap motor Paris Coupe Internationale des Motocyclettes pada 1904.

Dikala itu, peserta yang turut masih sedikit yakni terdiri atas pembalap asal Inggris, Jerman, Perancis, dan Denmark. Sesudah itu, Fédération Internationale des Clubs Motocyclistes (FICM) akhirnya dibentuk dan diandalkan membatasi hukum balap motor Eropa selam lebih dari 40 tahun.

Perjalanan MotoGP

Kejuaran balap resmi yang pertama diselenggarakan oleh FICM yakni Grand Prix Eropa yang digelar secara rutin tiap-tiap tahun di 4 lokasi berbeda. Baru pada tahun 1938, Grand Prix Eropa diubah menjadi kejuaraan Eropa dan memiliki 3 klasifikasi berbeda ialah 250cc, 300cc, dan 500cc.

Setelah perang dunia berakhir, tepatnya pada tahun 1948 kesudahannya disetujui kalau kejuaran Eropa akhirnya menjadi sebuah kejuaran tingkat dunia. Sejak tahun 1949, secara sah aturan kejuaraan Grand Prix sepeda motor dilegalkan.

Lomba yang diselenggarakan pada tahun itu adalah Tourist Trophy Isle of Man (13,15,17 Juni), Grand Prix Swiss, Berne (2-3 Juli), Dutch TT, Assen (9 Juli), GP België, Spa-Francorchamps (17 Juli), GP Ulster, Belfast/Clady (21 Agustus), dan GP of Nations, Monza (4 September).

Dari sinilah nantinya undang-undang kemenangan menurut jumlah poin awalnya bermula. Gelar pemenang dunia cuma dikasih pada pembalap yang sukses mengumpulkan nilai terbanyak pada setiap kancah lomba.

Pada mulanya sistem pemberian nilai ini sudah sedikit berubah, namun inti ukurannya tetap sama. Pembalap dengan putaran waktu paling kencang selam mampu finis pertama akan menerima tambahan 1 nilai.

Sementara itu, bagi konstruktor hanya finish terbaik yang didapatkan salah satu pembalapnya saja yang akan dihitung. Aturan ini konsisten dipertahankan sampai sekarang.

Pada dikala itu, pembalap yang berhasil meraih gelar juara dunia GP FIM untuk pertama kali yaitu Leslie Graham dengan total poin sebanyak 30. Sedikit unggul diperbandingkan dengan lawan-lawanya.

Sampai ketika ini kejuaraan dunia Grand Prix sepeda motor masih tetap berlangsung dan berkembang menjadi ajang MotoGP yang populer. Melainkan, balap Isle of Man TT menjadi cikal bakal kejuaraan dunia ini masih konsisten berlangsung hingga dikala ini.

Malahan, berdasarkan beragam kalangan balapan Isle of Man TT ini dianggap sebagai salah satu balapan paling membahayakan di segala dunia.

Daftar Juara MotoGP Terbanyak dalam Sejarah

Selama 72 tahun diselenggarakannya, tentu saja ada banyak pembalap berbakat yang sukses memenangkan balapan dan menuntaskan bermacam rekor.

Cuma saja, di antara segala pembalap MotoGP semenjak 1949 sampai kini masih ada deretan pembalap yang mengatur rekor jawara terbanyak.

Giacomo Agostini

Di urutan pertama daftar kampiun terbanyak dikendalikan oleh pembalap yang berhasil meraih 8 kemenangan MotoGP. Kemenangan sampai ketika ini masih mengendalikan rekor MotoGP sepanjang sejarah sebagai kemenangan terbanyak.

Pembalap Italia ini berhasil memenangkan kejuaran GP 500 berturut-turut pada periode tahun 1966-1972 memakai motor absah buatan Italia. Padahal telah lama, namun rekor milik legenda balap ini masih belum dapat ditumbangkan oleh pembalap-pembalap lain yang lebih muda.

Valentino Rossi

Berikutnya, di posisi kedua ada pembalap yang memastikan pensiun tahun ini yaitu Valentino Rossi yang juga berasal dari Italia. Anda pasti telah tidak asing lagi dengan nama serta pencapaian yang diraihnya, sedangkan bukan penggemar fanatik MotoGP.

Berdasarkan catatan, Rossi berhasil meraih 7 kali kemenangan di gelanggang balap MotoGP di 4 kelas yang berbeda-beda pada periode tahun 2001-2009. Pencapaiannya ini cuma sedikit di bawah Agostini sehingga tidak heran kalau Rossi disebut-ucap sebagai salah satu pembalap terbaik di MotoGP.

Marc Marquez

Kemudian di posisi ketiga yakni pembalap dari Spanyol yang sukses meraih 6 kali kejuaraan pada tahun 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019. Semenjak pertama debut, Marquez memang sudah berhasil menunjukan performa serta prestasi yang luar awam.

Sayangnya, ada rumor yang menceritakan jikalau pembalap ini akan segera menjelang masa pensiun dampak cedera otak yang dialaminya. Mengingat usianya yang masih muda, tentu hal ini benar-benar disayangkan karena dirinya  dapat saja meraih lebih banyak kemenangan.

Mick Doohan

Pembalap asal Australia ini dikenal berada di urutan keempat dengan sempurna kampiun sebanyak 5 kali ialah pada periode tahun 1994-1998. Sayangnya, karirnya terhenti akibat kecelakaan fatal hebat di sirkuit Jerez, Spanyol.

Sesudah berhenti menjadi pembalap, dirinya tatap berkiprah di dunia MotoGP dengan menjadi penasihat balap bagi regu yang dulu pernah dibelanya. Kemudian, menangani salah satu pembalap paling populer Valentino Rossi.

Geoff Duke

Terakhir di posisi keempat merupakan pembalap asal Inggris yang berhasil meraih 4 kali kemenangan dalam kejuaraan MotoGP. Pembalap ini sukses meraih jawara pada kancah GP 500 yang diselenggarakan pada tahun 1951, 1953, 1954, dan 1955.

Mike Hailwood

Sesudah Duke, posisi keempat juga dikontrol oleh pembalap asal Inggris. Hailwood tercatat menangkan 4 kejuaran MotoGP pada tahun 1962-1965. Hailwood bisa dikatakan sebagai salah satu pembalap pertama MotoGP karena dirinya juga ikut dalam Isle Of Man TT.

Berdasarkan catatan sejarah, pembalap ini tidak hanya berlomba di balap motor 500cc saja, tapi juga ikut serta di kejuaraan balap F1. Sayangnya, dirinya mengalami kecelakaan hebat pada tahun 1981.

Ini hanyalah sedikit pengetahuan seputar sejarah MotoGP pertama. Indonesia harus berbangga karena pada musim MotoGP tahun depan akan menjadi tuan rumah salah satu laga paling bergengsi dunia yang akan diselenggarakan di Lombok dengan sirkuit Mandalika.